Selasa, 18 Oktober 2011

DIRJEN SDA : PINTU AIR KALIMALANG MENGALIR HARI INI

Direktur Jenderal (Dirjen) Sumber Daya Air (SDA) Kementerian Pekerjaan Umum (PU) Mochammad Amron memastikan pemasangan sheet pile untuk membuka kembali aliran air dari Kalimalang  selesai pada hari ini. Uji coba pengaliran  telah dilakukan tepat pada pukul 17.00 sore hari tadi.   
Uji coba  dilakukan secara bertahap dengan membuka pintu air Bekasi. “Supaya air bisa dialirkan ke 2 Instalasi Pengolahan Air (IPA), yaitu Buaran dan Pulogadung. Pertama-tama 2.000 liter per detik, kalau aman kemudian ditingkatkan 3.000, 4.000 dari pintu Bekasi, untuk dialirkan ke Pejompongan nanti 6.000 liter,” jelas Amron ketika ditemui wartawan di Kalimalang, Jakarta, Minggu (4/9).
Pemasangan 53 lembar baja telah dilakukan oleh Kementerian PU bekerja sama dengan Dinas Pemprov DKI Jakarta untuk menutup tanggul air Kalimalang yang jebol agar bisa mengalir kembali. Sheet pile tersebut dipasang dengan kedalaman 8 meter dengan panjang 12 meter.
Sebelumnya, uji coba aliran instalasi air baku dilakukan di Bekasi, Pulogadung serta Buaran, dan telah menampung air baku secara bertahap. Amron mengatakan pengaliran dari Kalimalang ini perlu dilihat perkembangannya, “Secara sementara telah selesai, perlu dilihat perkembangannya, apakah membahayakan atau tidak,” ujarnya. Lebih lanjut, ia menjelaskan bahwa untuk pembenahan secara permanen perlu dibuat desain konstruksi lagi beserta anggaran yang akan digunakan.
Tanggul yang berada di Kalimalang ini jebol sepanjang 10 meter yang membuat ketinggian air di Kalimalang menjadi sekitar 4 meter. Kejadian ini disebabkan runtuhnya pintu air Buaran, Tarum Kanal Barat pada tanggal 31 Agustus 2011. Hal ini menyebabkan 250.000 pelanggan Palyja tidak dapat menerima suplai air bersih secara normal.
“Sementara ini yang penting berfungsi kembali dan masyarakat bisa mendapatkan air untuk didistribusian ke instalasi air baku Palyja di Pejompongan,” tutupnya. (dnd/ifn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar